Limbah merupakan benda yang tidak diperlukan dan dibuang, limbah pada umumnya mengandung bahan pencemar dengan konsentrasi bervariasi. Bila dikembalikan ke alam dalam jumlah besar, limbah ini akan terakumulasi di alam sehingga mengganggu keseimbangan ekosistem Alam.Penumpukan limbah di alam menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem tidak dikelolah dengan baik. Pengelolahan limbah ini merupakan upaya merencanakan melaksanakan, memantau, dan mengevaluasi pendaya gunaan limbah, serta pengendalian dampak yang ditimbulkannya.

Upaya pengelolahan limbah tidak mudah dan memerlukan pengetahuan tentang limbah unsur-unsur yang terkandung serta penanganan limbah agar tidak mencemari lingkungan selain itu perlu keterampilan mengelolah limbah menjadi ekonomis dan mengurang jumlah limbah yang terbuang ke alam.

Salah satu permasalahan yang banyak di peternakan yaitu ketersediaannya pakan. Hal ini didasari oleh analisis para pakar bahwa lahan penggembalaan dan HMT semakin terbatas, di sisi lain limbah pertanian dan agroindustry pertanian dan pangan sangat besar (LIPI, 2013). Ditambah, saat musim kemarau para peternak kesulitan untuk mencari pakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, Cahya Setya Utama yang merupakan dosen dari Fakultan Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) menebukan pakan ternak alternatif berbahan litter (feses ayam). Selain bahan yang mudah didapat, litter  (feses ayam) juga murah produksinya dan bernilai ekonomis.

Dalam sosialisasinya, Cahya memberikan materi mengenai bahan yang harus disiapkan untuk membuat pakan, diantaranya litter broiler 1 ton, urea 6 kg, tetes 15 liter, mineral 6 kg, garam 3 kg, dan starter 6 kg (Cahya, 2019). Untuk uji coba pakan hasil penemuannya, Cahya menjadikan ternak sapi di daerah Kudus dan Rembang sebagai ternak percobaannya. Dari hasil uji laboratorium, kandungan protein pada litter yang terfermentasi sebesar 17%. Juga tidak ada kandungan bakteri pathogen dan meat bone meal (MBM).

Sumber :

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 2013. Masalah Pakan Jadi Kendala Pengembangan Sapi. Dikutup dari http://lipi.go.id/berita/single/Masalah-Pakan-Jadi-Kendala-Pengembangan-Sapi/8227.

Cahya, A. 2019. Sulap Kotoran Ayam Jadi Pakan Ternak. Dikutip dari https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/10/02/158756/sulap-kotoran-ayam-jadi-pakan-ternak.

by: Divisi Penelitian dan Pengembangan

Tinggalkan Komentar

Translate »