Umumnya susu sapi dimanfaatkan untuk diminum atau diolah mejadi makanan lainnya. Kini, susu sapi bisa dimanfaatkan lebih luas lagi, yaitu dijadikan sebagai bahan dasar serat kain dan bahkan tersedia dalam berbagai warna. Serat yang didapatkan dari susu sapi termasuk serat kasein. Serat kasein dipakai untuk pengganti serat wol dan dikenal sebagai serat ramah lingkungan. Sehingga bisa dikatakan serat yang diperoleh dari susu sapi sebanding dengan serat wol bahkan menyerupai sutera, dimana tekstur kainya sangat lembut. Pakaian dari kain susu ini dirancang dan diproduksi oleh Anke Domaske berasal dari Jerman, seorang desainer yang juga pakar mikrobiologi.

Reaksi orang-orang pada saat pertama melihat dan mengetahui bahwa kaian tersebut terbuat dari susu adalah menciumnya. Padahal kain ini sudah tidak memiliki bau susu yang tersisa. Domaske memproduksi serat tekstil dari susu buangan yang tidak untuk dikonsumsi oleh manusia. Dimana susu sapi yang digunakan dalam proses produksi kain ini merupakan susu yang tidak lolos uji kelayakan konsumsi di industri susu, yang biasanya hanya dibuang begitu saja karena belum bisa dimanfaatkan.

Domaske memulai idenya di dapur saat baru lulus kuliah jurusan mikrobiologi. Mixer, termometer besar untuk membuat selai dan bubuk protein susu dibelinya di toko, dengan tujuan untuk menghasilkan serat yang bisa digunakan untuk dijadikan sebuah pakain. Eksperimen ini ia lakukan hingga satu tahun lamanya hingga menemukan formula yang pas yang tidak larut dalam air, hal ini sangat penting untuk serat tekstil yang mana nantinya harus bisa dicuci.

Cara membuat serat protein dari susu. Setelah susu menjadi asam dibagian bawah ada air dadih dan dibagian atas gumpalan putih yang mana itu merupakan protein susunya. Setelah dipisahkan diperoleh dadihnya yang dikeringkan menjadi bubuk protein susu. Bahan tersebut menjadi bahan mentah yang dicampur menjadi adonan yang dipres dalam spuyer untuk memperoleh serat yang sangat halus. Serat diolah menjadi benang dan pada akhirnya menjadi sebuah baju yang cantik. Semua hal yang digunakan dalam pembutan alami dan bahkan bisa dimakan. Kini domaske memproduksi serat secara besar-besaran di perusahaan, Qmilch. Serat tekstil dari susu mempunyai banyak kelebihan seperti, aman bagi penderita alergi dan tanpa kandungan zat kimia, nyaman dipakai, antibakterial, tidak mudah terbakar dan dapat melindungi kita dari sinar UV ketika dipakai.

Tinggalkan Komentar

Translate »