edab

Hari Susu Nusantara 2016 dengan tema “From Milk To Hero”  yang diselenggarakan oleh UKM Cattle Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran mendapat antusias yang baik dari masyarakat dan pemerintah.

Acara Hari Susu Nusantara 2016 kali ini diselenggarakan dalam bentuk rangkaian dengan tujuan untuk mensosialisasikan pentingnya minum susu, meningkatkan konsumsi susu, dan memperbaiki gizi masyarakat di Indonesia. Rangkaian dari acara peringantan Hari Susu Nusantara dimulai dari kegiatan sosialisasi dan bagi-bagi susu keliling ke beberapa SD dan TK di sekitar kota Bandung.

tiga

Kegiatan sosialisasi dan bagi-bagi susu keliling dilaksanakan pada tanggal 25,26,30 dan 31 Mei 2016 oleh tim HSN 2016 Cattle Buffalo Club Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran ke TK Wyata Satya Nusantara di Jatinangor, TK Taruna Bakti di Bandung, SDN 1 Rancaekek, dan SD Muhamadiyah 7 Bandung. Acara ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan Hari Susu Nusantara 2016 yang jatuh pada tanggal 1 Juni. Selain acara sosialisasi mengenai susu, juga diadakan games seru dan minum susu bersama dan berlanjut pada acara puncak yang dilaksanakan pada Minggu, 05 Juni 2016 di Balai Kota Bandung.

33 22 11

Acara puncak dari Hari Susu Nusantara ini diisi dengan beberapa kegiatan yang menarik diantaranya penampilan tarian nusantara oleh beberapa siswa SD, launching gerakan dan maskot From Milk To Hero yaitu “Captain Moo”, senam pagi, bagi-bagi susu, minum susu bersama, lomba mewarnai siswa TK dan SD, hiburan, dan wisata stand.

etzz etz

Acara puncak ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Ir. Dodi Prima Nugraha, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung dr Ahyani Raksanagara,MKes, siswa SD dan TK di sekitar kota Bandung dan masyarakat sekitar. Dalam sambutan Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat Ir. Dodi Prima Nugraha, beliau mengatakan bahwa dari pihak Dinas Peternakan akan mendukung keberlanjutan dari kegiatan sosialisasi pentingnya mengonsumsi susu, beliau juga mengatakan bahwa konsumsi susu di Jawa Barat masih rendah namun itu tidak berarti bahwa dari pihak Dinas Peternakan Jawa Barat tidak senantiasa berusaha untuk meningkatkan konsumsi susu.

Hal ini menunjukan bahwa dengan diadakannya Hari Susu Nusantara ini dapat memberikan banyak manfaat yaitu, meningkatkan konsumsi masyarakat akan susu sehingga produksi susu di Indonesia dapat meningkat, kehidupan peternak sapi perah menjadi lebih sejahtera, dan masyarakat Indonesia pun menjadi masyarakat yang lebih berkualitas dengan memiliki asupan gizi yang lebih baik sehingga masyarakat menjadi lebih cerdas. Dengan meningkatnya konsumsi susu di Indonesia juga dapat meningkatkan nama baik peternakan dan Indonesia, serta dapat pula meningkatkan pendapatan Negara.

Melihat begitu banyaknya manfaat serta banyaknya dukungan dari masyarakat dan pemerintah mengenai kegiatan sosialisasi pentingnya mengkonsumsi susu, UKM Cattle Buffalo Club (CBC) Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran berencana untuk membuat program berkelanjutan untuk mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi susu.

Oleh : Tim pubdok HSN CBC Fapet Unpad

 

Tinggalkan Komentar

Translate »